"Energy Giver" Perspective

Better Giving Than Recieving

KEGAGALAN KITA BUKAN TANGGUNG JAWAB ORANG LAIN


Tidak salah ungkapan bijak berkata : “saat kita menyalahkan orang lain, kita menyerah pada kekuatan kita untuk berubah”Kelemahan alami (“Sinful Nature”) kita sebagai manusia adalah cenderung tidak mau mengakui kelemahan diri sendiri atas kegagalan yang kita peroleh. Padahal orang yang paling bertanggung jawab untuk semua kegagalan kita di dunia ini adalah orang yang sedang duduk di kursi yang Anda duduk sekarang. Mengapa kita katakan demikian?

Harusnya kita sadari dengan benar, keputusan apapun untuk gagal adalah kita yang memilihnya, karena Tuhan selalu memberikan kita kemampuan untuk membedakan dan mengerti mana yang baik dan mana yang salah. Sehingga bukan kekasih kita, bukan karena istri atau suami yang tidak pernah memberikan dorongan moril, atasan yang tidak memahami kita dengan baik, bukan rekan kerja yang tak perduli, bukan perusahaan yang tidak mau tahu kepentingan kita, bahkan bukan keadaan sekalipun. Karena kita mampu merubah keadaan dengan mulai merubah diri kita, merubah cara pandang kita terhadap diri sendiri dan cara pandang terhadap orang lain.

Teringat seorang pesenam Amerika beberapa tahun lalu yang cedera saat kompetisi di Olimpiade. Dimana penasehat kesehatan dan pelatih nya menyarankan untuk menghentikan kompetisinya karena kondisi cedera cukup parah dan tidak memungkinkan memenangkan medali. Dia gigih dan memilih untuk melanjutkannya dengan keinginan kuat bisa membanggakan negaranya, dan dia berhasil meraih kemenangan yang diimpikannya. Masih banyak teladan yang bisa kita pelajari dari orang-orang yang berhasil yang karena memiliki kebebasan keputusan dan kesungguhan untuk komit menjalankan keputusan untuk hidupnya dan memikul tanggung jawab atas keputusan yang telah diambilnya seperti tokoh-tokoh dunia macam Bill Gates, Thomas Alfa Edison, Colonel Sanders, Marthen Luther King, dan masih banyak tokoh lainnya.

Kita mungkin tidak seperti pesenam Amerika dan orang-orang terkenal yang saya sebutkan sebelum ini. Tapi siapapun kita, saya percaya kita mampu untuk melihat kegagalan dengan benar. Dengan berhenti menyalahkan orang lain dan menyalahkan keadaan, dan mulai melihat kegagalan itu sebagai tanggungjawab yang harus kita ambil. Mulailah bersyukur untuk kegagalan itu…karena sebenarnya kegagalan itu adalah suatu proses pendewasaan untuk kita menjadi lebih baik.

Tidak ada orang yang gagal, tetapi yang ada hanyalah orang yang memutuskan untuk berhenti sebelum mencapai keberhasilan yang diinginkannya. Dengan begitu kita pahami dengan baik bahwa tiada kesuksesan tanpa adanya suatu pengorbanan, ada ‘harga’ yang harus ‘dibayar’. Tidak ada sesuatu yang berharga dalam hidup ini yang dapat ‘dibeli’ dengan ‘harga murah’. Ingatlah, keberhasilan bukanlah sebuah nasib tetapi kita yang menentukannya, bukan orang lain.

Berbesar hati lah terhadap kegagalan, terbuka terhadap teguran dan nasihat,  serta miliki penerimaan yang luas tentang diri sendiri, tentang orang lain dan tentang keadaan

4 comments on “KEGAGALAN KITA BUKAN TANGGUNG JAWAB ORANG LAIN

  1. Jurnal Transformasi
    16 March, 2012

    Kegagalan kita kita dalam meraih sesuatu mesti ditegakn pada lapangan fakta, dibersihkan dari unsur keterlibatan orang lain, yang tinggal hanya diri kita untuk dipersalahkan. Sangat setuju, Pak..Kegagalan kita adalah tanggung jawab kita..

    Liked by 1 person

  2. energygiver
    17 March, 2012

    Makasih Ibu Evi sudah melengkapi pemahaman dari tulisan saya. Saya percaya komentar Ibu ini membuat kita semua semakin mengerti tanggungjawab kita dalam setiap kegagalan yang kita alami

    Like

  3. Faizal S. Gerong
    6 April, 2012

    slmt malam pak energygiver…saya setuju sekali dgn pandangan pak Nano ttg bagaimana kita memandang “kegagalan” itu sebagai sesuatu yg membuat kita semakin maju atau semakin dewasa….karena itu saya paling suka dgn salah satu quote dari Thomas A. Edison pak :

    If I find 10,000 ways something won’t work, I haven’t failed. I am not discouraged, because every wrong attempt discarded is another step forward…

    Liked by 1 person

  4. Energy Giver
    6 April, 2012

    Malam Pak Faizal, apa khabar Pak?

    Terima kasih sudah setuju dengan saya, juga untuk quote nya Thomas A. Edison, itu menambah bobot dari tulisan saya.

    Keep moving forward…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: