"Energy Giver" Perspective

Better Giving Than Recieving

Musik Untuk Kehidupan


17 Agustus 2013, Tugu Proklamasi

17 Agustus 2013, Tugu Proklamasi

Musik kini telah menjadi bagian seni yang mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi. Karena musik telah masuk kedalam jiwa manusia sejak dahulu kala. Tanpa kita sadari musik telah menjadi sahabat kita, sejak mulai balita hingga sekarang ini. Selain itu, musik juga tidak membatasi status sang penikmatnya. Mungkin bila hidup tanpa musik, dunia mungkin terasa sepi, hampa dan monoton karena musik mampu mencairkan suasana, merelaksasi hati serta menstimulasi pikiran manusia sebagai pemeran cerita kehidupan dan dalam menelah Karya Agung Sang Pemiliki Kehidupan ini.

Musik tidak sekedar memberikan efek hiburan, tetapi mampu memberikan makna untuk membangkitkan gairah dan spirit hidup untuk memaknai hidup ini secara lebih indah. Mendengarkan musik, menghayati dan menikmatinya merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat kita nyaman. Efek inilah yang menimbulkan reaksi positif pada kondisi fisik dan psikis manusia, termasuk saya dan kita. Lalu apakah manfaat musik yang sebenarnya dalam kehidupan kita sehari-hari?

(1) Pertama, musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik mampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Karena mempengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalaan yang lebih baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.

(2) Kedua, musik dapat meningkatkan fungsi kerja otak kita. Hal tersebut di karena musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsi kerja otak kita akan semakin prima, sehingga kemampuan berpikir kita lebih jernih dan tajam, serta bisa mencegah kepikunan. Karena itu, rangsangan dari musik yang diperdengarkan juga dapat meningkatkan kemampuan kreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

(3) Ketiga, musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual.

(4) Keempat, musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia karena musik mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian dan solidaritas kemanusiaan. Sering kali peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun kita tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Dalam kehidupan nyata sehari-hari pun, musik sering kali menjadi alat komunikasi dengan orang yang kita cintai, mewakili perasaan hati.

Salah satu referensi dan alternatif terbaik tentang ekspresi bermusik yang ada di Jakarta di hadirkan oleh “JUBILATE CHOIR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 14 September, 2013 by in Alternatif, Inspirasi, Musik, Psikologi.
%d bloggers like this: