"Energy Giver" Perspective

Better Giving Than Recieving

Karyawan Baru, Hindari Melakukan 10 Hal Ini Saat di Kantor


Pekerjaan dan lingkungan baru terkadang sering menuntut Anda untuk pandai beradaptasi. Mengetahui kebiasaan atau budaya di kantor, akan mempermudah Anda untuk cepat berbaur dengan lingkungan sekitar. Namun kesan baik yang ingin ditunjukkan, terkadang tidak selalu memunculkan penilaian yang positif. Dikutip dari Womans Day, berikut 10 hal yang tidak boleh dilakukan oleh karyawan baru di tempat kerja.

1. Terlalu Sering Mentraktir
Terkadang, sebagian orang sering melakukan tindakan yang berlebihan untuk memberikan kesan baik. Tapi, tahukah Anda? Tindakan yang berlebihan, tidak selalu berdampak baik dan menguntungkan. Seperti mencoba sesering mungkin menraktir bos, agar terlihat peduli terhadap atasan. Hal ini justru memberikan dampak yang kurang baik. Karena Anda akan dikenal oleh atasan dan rekan kerja, sebagai karyawan yang suka menrtaktir, bukan dikenal karena kinerja Anda.

2. Memaksakan Ide-ide Baru
Sebagai karyawan baru, ide-ide Anda memang sangat dibutuhkan. Tetapi jika ide-ide baru yang Anda utarakan belum dapat diterima atasan, bersabarlah. Jangan terlalu memaksakan apa yang menjadi kehendak sendiri dengan bersikap egois. Sebaiknya cobalah untuk cari tahu tentang ide-ide baru yang dibutuhkan. Sehingga Anda benar-benar paham, ide baru apa yang cocok untuk perusahaan.

3. Banyak Mengumbar Rahasia Pribadi
Kebanyakan orang mudah menceritakan masalah pribadi kepada rekan kerjanya. Sebagai karyawan baru, cobalah untuk mengenal terlebih dahulu karakter rekan kerja baru Anda. Sebenarnya, hal ini bukan sesuatu yang salah. Tetapi jika rekan kerja Anda adalah orang yang tidak dapat dipercaya, hal ini akan menjadi bumerang untuk karir Anda. Kehidupan pribadi Anda dengan cepat akan menjadi gosip kantor.

4. Percaya Diri yang Berlebihan
Memiliki sikap percaya diri memang suatu hal yang positif. Tapi, terkadang percaya diri yang berlebihan sering menimbulkan masalah. Sebagai karyawan baru, cobalah sesering mungkin bertanya untuk hal-hal yang kurang Anda pahami. Meskipun Anda yakin dan percaya diri dengan apa yang sudah dikerjakan, banyaklah berkomunikasi dengan rekan kerja Anda.

5. Malu Bertanya
Saat Anda diperintahkan atasan untuk mengerjakan tugas dan mengalami kesulitan, jangan memaksakan mengerjakannya sendiri. Cobalah untuk bertanya apa yang menjadi kendala Anda. Sebagai karyawan baru, atasan pasti memahami hal tersebut. Jika Anda malu bertanya hanya akan membuat atasan merasa bahwa Anda telah membuang-buang waktu dalam menjalankan tugas.

6. Banyak Mengeluh Tentang Pekerjaan Lama
Mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik, terkadang sering membuat sebagian orang mengeluhkan tentang pekerjaannya di masa lalu. Hal ini dapat memberikan dampak yang kurang baik di mata atasan dan rekan kerja Anda. Sebagai karyawan baru, cobalah untuk lebih menikmati tempat baru yang mempekerjakan Anda saat ini. Sehingga mereka merasa Anda bersyukur atas kesempatan baru yang diberikan

7. Datang Terlambat
Jika Anda sering datang terlambat ke kantor, hal ini dapat memberikan penilaian yang kurang baik untuk atasan. Datang tepat waktu, menjadi salah satu yang harus Anda prioritaskan. Atasan akan menilai, sejauh mana kedisiplinan Anda dalam berkerja. Cobalah untuk datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.

8. Ingin Terlihat Menonjol di Depan Atasan
Sering kali karyawan baru ingin terlihat menonjol di depan atasan dengan cara yang tidak tepat. Salah satu contohnya dengan mencoba mengambil alih pekerjaan rekan kerja lainnya. Padahal, Anda sendiri tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya. Cobalah untuk terlihat menonjol dengan cara yang lebih tepat, yaitu mengerjakan dengan maksimal tugas yang Anda kuasai. Bukan dengan cara konyol, yang membuat Anda terlihat bodoh di depan atasan dan rekan kerja lainnya.

9. Tidak Peduli Dengan Lingkungan Sekitar
Sikap tidak peduli dengan lingkungan sekitar, membuat Anda terkesan kurang menyukai lingkungan baru saat ini. Ini akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk dapat beradaptasi. Cobalah untuk berbaur dengan sesama rekan kerja Anda saat ini. Pergi makan siang bersama-sama, dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan lingkungan sekitar.

10. Sering Melakukan Kegiatan Lain Di Jam Kerja
Melakukan kegiatan lain di jam kerja adalah salah satu tindakan yang terkadang sering dilakukan karyawan baru. Karena pekerjaan yang tidak begitu padat membuat Anda merasa bosan, sehingga ingin melakukan hal lain di luar pekerjaan Anda. Seperti sering online atau melakukan kegiatan yang bukan bagian dari pekerjaan. Cobalah untuk menawarkan diri membantu sesama rekan kerja, atau cari tahu sesuatu tentang pekerjaan baru Anda, agar waktu luang menjadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 8 October, 2014 by in Informasi, Inspirasi, Motivasi.
%d bloggers like this: